Jumat, 21 September 2012

Kriteria Mahasiswa :D


Hari ini, 10 September 2012 aku duduk sebagai peserta magang LSP 1, dan disana aku mendengarkan apa yang kakak ketua LSP presentasikan. Aku mencatat dalam buku catatan kecil beberapa poin2 penting, dan maksud aku menulis ini adalah untuk membaginya dengan kalian, dan tentunya sebagai coretan kenangan pribadiku :)
Sukses adalah pilihan, pilihan bagi orang2 yang berani memilih dan berani mengambil keputusan tentunya.. dan sukses adalah sebuah perjalanan, perjalanan panjang yang tak mengenal batasan, tak mengenal siapa yang melakukan perjalanan, dan tak mengenal bekal apa yang kita bawa. Jika kita berbekal iman, pasti kesuksesan ada dalam genggaman :)
Menjadi mahasiswa adalah sebuah pilihan, pilihan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara. Bukan hanya sekedar mengisi waktu hidup, atau sekadar prestise semata. Dan sebagai mahasiswa, ada 5 kriteria yang dimiliki :

1.           Mahasiswa Study Oriented
Kriteria ini berdasarkan fakta bahwa mahasiswa cenderung mengabdikan dirinya berada dalam lingkaran kognitif. Mereka hanya mengasah kemampuan hard skill mereka tanpa memperhatikan unsur lainnya, seperti soft skill. Dalam pandangan mereka, mahasiswa sukses adalah mahasiswa yang berhasil meraih IP 4, berhasil meraih A dalam setiap mata kuliah, tapi anggapan pertama ini menurut saya TIDAK BENAR.

2.           Mahasiswa Organisatoris
Biasa disebut sebagai mahasiswa kura-kura (kuliah rapat kuliah rapat) . Mahasiswa tipe kedua ini cenderung mengasah kemampuan soft skill saja, dan mereka mengabaikan tugas2 dari dosen, sering izin untuk rapat, dan pulang malam hanya untuk rapat dan rapat. Sukses bagi mereka jika mereka bisa menjadi seorang organisatoris yang aktif, dan menurut saya tipe kedua ini juga TIDAK BENAR

3.           Mahasiswa Religius
Mahasiswa tipe 3 ini bagus, namun mereka lebih memilih kepada kegiatan2 keagamaan tanpa mengasah kemampuan soft skill lain di bidang akademik maupun yang lain.

4.           Mahasiswa Money Oriented
Seringkali kita menemui seorang mahasiswa yang kerjaannya hanya kuda-kuda , yaitu kuliah dagang kuliah dagang. Bagi mereka target penjualan dalam sehari harus mereka penuhi, entah uang dari hasil penjualan dan keuntungan mereka gunakan untuk apa, namun mahasiswa tipe keempat ini cenderung memenuhi otak mereka dengan uang dan uang.

5.           Mahasiswa Sejati
Inilah mahasiswa yang seharusnya menjadi kebanggaan, dan pasti bangga jika kita bisa menjadi mahasiswa sosok seperti ini. Kriteria 1 sampai 4 tercakup ke dalam mahasiswa tipe kelima ini. Dan mereka cenderung mengabdikan dirinya untuk orang-orang terdekat mereka. Mereka menjalani hidup untuk mengejar akhirat dan duniawi, tidak cukup hanya itu, mereka juga selalu mengasah setiap hari kemampuan soft skill, hard skill, dan kemampuan berwirausaha mereka. Dan sukses bagi mahasiswa juga dapat dikategorikan ketika seorang mahasiswa dapat menyeimbangkan semua aspek kehidupannya.

Semoga kita termasuk mahasiswa tipe terakhir itu. Sukses bagi pandangan kita belum tentu sukses bagi pandangan orang lain, maka dari itu langkah pertama yang harus kita lakukan adalah kenali diri sendiri, dan setelah itu kita dapat membuat sebuah rencana hidup yang akan mengubah dunia :)

Oh iya, perjalanan sukses bisa digolongkan seperti sebuah piramida di bawah ini :






Jadi, sebenarnya kunci sukses ada dalam diri kita masing2. Mari berubah, dan menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Dengan meniti tangga piramida di atas, Insya Allah kesuksesan kita akan berada dalam genggaman :)
Dan jangan lupa ya, sukses itu ada rumusnya lho, kalo kata Arum sih ada 6 B, yaitu Belajar, Berjuang, Berprestasi, Bermanfaat, Bangkit, dan yang sangat vital yaitu Berdoa :) karena tanpaNya, kita ini bukan siapa2, kecil, sangat kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentarnya :)