Jumat, 21 September 2012

Berprestasi ....

Hari ini, Jum’at 14 September 2012, aku duduk dan mendengarkan Kak Erni Ratnawati menyampaikan beberapa hal  yang sangat berarti tentang seorang mahasiswa, dengan sedikit persepsi dariku sendiri tentunya.
Setiap mahasiswa pasti ingin berprestasi, hanya saja seberapa besar keinginan dan kemauan yang kuat yang ada dalam diri mahasiswa tersebut untuk menyampaikan dan merealisasikan keinginannya tersebut. Dengan berbagai usaha yang dilakukan, dan seperti apa yang sudah aku paparkan dalam shareku yang pertama, jika ingin sukses pastilah harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat. Dan itu semua tergantung dari seberapa besar keinginan kita untuk mencapainya. Kata berhasil, berprestasi, sama saja dengan SUKSES. Hanya saja mungkin berprestasi adalah sebuah rangkaian untuk mencapai sukses. Sebenarnya mengapa sih kita perlu untuk berprestasi ? nah dari tulisanku ini aku ingin membahas beberapa hal atau alasan-alasan mengapa kita perlu berprestasi.

Sebenarnya berprestasi itu :

1.Wujud syukur kita kepada Allah
Jika kita berprestasi, maka itu adalah sebuah rasa syukur kita kepada Allah, karena benar-benar nikmat Allah sangat banyak dan kita tidak dapat menghitungnya. Dengan bersyukur, Allah akan menambah rezeki kita. Dan jika tidak, maka sesungguhnya azabNya sangat pedih.

2.Karena tidak tahu jadwal kematian
Kita tidak tahu kapan dan dimana kita akan menemuiNya, kita tak pernah tahu bagaimana kondisi kita saat sakaratul maut, apakah masih beriman kepadaNya atau tidak, tentu satu hal yang kita harap adalah mati dalam keadaan khusnul khotimah. Dan dengan terus mengingat mati, pasti kita akan terus memberikan yang terbaik bagi semua. Berprestasilah, karena kita tak akan tahu sampai dimana batas kita untuk  berhenti berprestasi.
3. Sarana menemukan titik  dekat kepada Allah
Dengan berprestasi, kita akan lebih menyadari bahwa kuasaNya sangat besar. Kita akan selalu mempelajari keadaan alam di lingkungan kita untuk lebih menganal siapakah sebenarnya sang Pencipta jagad raya yang indah yang kita pijak tanahnya, yang kita hirup udaranya, dan yang kita nikmati airnya. Subhanallah.
4. Menaklukan kesombongan
Dengan berprestasi, kita akan membuktikan kepada dunia bahwa kita bisa, kita tak pantas untuk terus ditindas, kita tak pantas selalu diinjak-injak oleh kaum yang lain, kitapun dapat menaklukan kesombongan mereka, dan tentunya, kita harus selalu tawadhu walaupun kita telah menaklukan kesombongan itu.
5. Catatan dan sejarah hidup
Dengan berprestasi dalam bidang tulis menulis khususnya, kita  akan membuat catatan dan sejarah hidup kita, dan sejarah dunia. Kita akan dikenang sepanjang masa karena kita meninggalkan jejak berupa karya-karya dari hasil prestasi kita.
6. Persembahan dibawa mati
Ilmu yang bermanfaat adalah salah satu dari 3 amal yang akan dibawa sampai mati. Oleh karena itu berlomba-lombalah membagi ilmu kita kepada sesama, berprestasilah untuk sesama, agar saat tiba waktunya nanti dapat menjadi bekal untuk menerangi kita :)
7. Mengangkat izzah umat manusia
Dengan berprestasi, sekaligus akan mengangkat izzah atau harga diri seseorang, karena kita telah menunjukkan kepada dunia bahwa kita bisa. Percayalah, pada saatnya nanti, akan kita peroleh hasil atas apa yang telah kita tanam. Pupuklah dengan pupuk yang paling baik :)
Jazakillah Khairan Katsiran

1 komentar:

  1. salam ukhuwah arum.. smg smkin smngat belajar dan istiqomah berkarya.. salam. www.ernyratnawati.com

    BalasHapus

Tambahkan Komentarnya :)